Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word



Pada kesempatan ini, saya ingin BERBAGI ilmu, yaitu cara membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word.

Bagi kalian yang memiliki “Hobi” membuat makalah, pastilah sering mengalami kesulitan dalam membuat daftar isi. Terlebih lagi, apabila harus menggeser ke bawah, lalu ke atas, lalu ke bawah lagi hanya untuk melihat nomor halaman dari setiap halaman yang ada dalam satu dokumen. Mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah apabila kita hanya membuat makalah dengan konten yang sedikit dan halaman yang sedikit pula. Tapi bagaimana jika makalah yang kita buat memiliki amat sangat banyak sekali konten di dalamnya? Atau bagaimana jika kita membuat e-book atau membuat skripsi yang mana konten didalamnya tidaklah sedikit? Untuk itu, saya ingin membagikan cara membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word. Untuk caranya sendiri, bisa disimak di bawah ini...

  • Pertama, tentunya kita harus membuka program Microsoft Word terlebih dahulu. Kita tidak harus membuka dokumen baru, tapi kita juga bisa langsung membuka dokumen yang ingin kita buat daftar isinya.

  • Selanjutnya, kita akan mengubah style tulisan yang akan dicantumkan pada daftar isi. Semisal kita akan mencantumkan judul BAB dan Sub-BAB, maka hanya judul dari BAB dan Sub-BAB yang akan kita ubah style-nya.

  • Untuk merubah format tulisan, kita blok tulisan tersebut terlebih dahulu. Misal kita akan mengubah style dari BAB I : PENDAHULUAN, maka kita blok tulisan tersebut. Setelah tulisan terblok, pada tab “Home” ubah style tulisan menjadi “Heading 1” (Saat kita mengubah style tulisan, biasanya warna, ukuran, dan jenis tulisan akan berubah sesuai default dari Style Heading 1. Namun kita bisa mengaturnya kembali). Ubahlah juga BAB II, III, dan seterusnya menjadi Heading 1. Agar kita tidak perlu mengulang cara di atas untuk mengubah BAB II dst, kita bisa melakukan copy format, yaitu dengan cara kita blok BAB I (yang telah diatur formatnya), lalu kita tekan “Ctrl + Shift + C”, lalu kita blok BAB II dst, lalu tekan “Ctrl + Shift + V”.

  • Selanjutnya, jika semua bab sudah kita ubah style-nya menjadi heading 1, maka kita akan mengubah style tulisan dari sub-BAB. Untuk caranya sama seperti di atas, hanya saja untuk sub-BAB kita akan menggunakan “Heading 2”. Perhatikan gambar di bawah ini!
 
Gambar 1. Heading 1

Gambar 2. Heading 2


  • Selanjutnya, kita menuju halaman kosong yang akan kita gunakan sebagai daftar isi. Perlu diingat bahwa halaman yang akan kita gunakan ini harus berada dalam satu dokumen dengan BAB dan Sub-BAB yang telah kita ubah style-nya tadi.

  • Selanjutnya, pada tab “References”, kita pilih “Table of Contents”, lalu pilih “Insert Table of Contents...”. Perhatikan gambar di bawah!
 
Gambar 3. Table of Contents


 
  • Selanjutnya, akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut, klik OK, dan jadilah daftar isi kita...

Gambar 4. Jendela baru

Gambar 5. Daftra isi jadi


Mungkin hanya itu dulu ilmu yang bisa saya bagikan. Selamat menikmati.....

0 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word"

Posting Komentar

Fans Page