Pada
kesempatan ini, saya ingin BERBAGI ilmu, yaitu cara membuat daftar isi secara
otomatis pada Microsoft Word.
Bagi
kalian yang memiliki “Hobi” membuat makalah, pastilah sering mengalami
kesulitan dalam membuat daftar isi. Terlebih lagi, apabila harus menggeser ke
bawah, lalu ke atas, lalu ke bawah lagi hanya untuk melihat nomor halaman dari
setiap halaman yang ada dalam satu dokumen. Mungkin hal ini tidak terlalu
menjadi masalah apabila kita hanya membuat makalah dengan konten yang sedikit
dan halaman yang sedikit pula. Tapi bagaimana jika makalah yang kita buat
memiliki amat sangat banyak sekali konten di dalamnya? Atau bagaimana jika kita
membuat e-book atau membuat skripsi yang mana konten didalamnya tidaklah
sedikit? Untuk itu, saya ingin membagikan cara membuat daftar isi secara
otomatis pada Microsoft Word. Untuk caranya sendiri, bisa disimak di bawah
ini...
- Pertama,
tentunya kita harus membuka program Microsoft Word terlebih dahulu.
Kita tidak harus membuka dokumen baru, tapi kita juga bisa langsung membuka
dokumen yang ingin kita buat daftar isinya.
- Selanjutnya,
kita akan mengubah style tulisan yang akan dicantumkan pada daftar
isi. Semisal kita akan mencantumkan judul BAB dan Sub-BAB, maka hanya judul
dari BAB dan Sub-BAB yang akan kita ubah style-nya.
- Untuk
merubah format tulisan, kita blok
tulisan tersebut terlebih dahulu. Misal kita akan mengubah style dari BAB I
: PENDAHULUAN, maka kita blok tulisan tersebut. Setelah tulisan terblok,
pada tab “Home” ubah style tulisan menjadi “Heading 1” (Saat kita mengubah
style tulisan, biasanya warna, ukuran, dan jenis tulisan akan berubah sesuai
default dari Style Heading 1. Namun kita bisa mengaturnya kembali). Ubahlah juga
BAB II, III, dan seterusnya menjadi Heading 1. Agar kita tidak perlu mengulang cara
di atas untuk mengubah BAB II dst, kita bisa melakukan copy format, yaitu dengan
cara kita blok BAB I (yang telah diatur formatnya), lalu kita tekan “Ctrl +
Shift + C”, lalu kita blok BAB II dst, lalu tekan “Ctrl + Shift + V”.
-
Selanjutnya, jika
semua bab sudah kita ubah style-nya menjadi heading 1, maka kita akan mengubah
style tulisan dari sub-BAB. Untuk caranya sama seperti di atas, hanya saja
untuk sub-BAB kita akan menggunakan “Heading 2”. Perhatikan gambar di bawah
ini!
|
Gambar 1. Heading 1 |
|
Gambar 2. Heading 2 |
- Selanjutnya,
kita menuju halaman kosong yang akan kita gunakan sebagai daftar
isi. Perlu diingat bahwa halaman yang akan kita gunakan ini harus berada dalam
satu dokumen dengan BAB dan Sub-BAB yang telah kita ubah style-nya tadi.
- Selanjutnya,
pada tab “References”, kita pilih “Table of Contents”, lalu pilih “Insert
Table of Contents...”. Perhatikan gambar di bawah!
|
Gambar 3. Table of Contents |
- Selanjutnya,
akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut, klik OK, dan
jadilah daftar isi kita...
|
Gambar 4. Jendela baru |
|
Gambar 5. Daftra isi jadi |
Mungkin
hanya itu dulu ilmu yang bisa saya bagikan. Selamat menikmati.....
0 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word"
Posting Komentar