Peranan Tai dalam Kehidupan

Bismillahirrahmanirrahim...
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tulisan saya yang akan membahas sesuai dengan judul yang saya cantumkan, yaitu TAI.

Kita semua pasti tau apa itu tai. Biasanya, kita selalu mengidentikasikan tai dengan hal - hal yang negatif. Menganggap bahwa tai adalah sesuatu yang hina. Menganggap bahwa tai adalah sesuatu yang tidak berguna. Namun sadarkah kita, bahwasanya tai memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita? Bahkan lebih penting dari perhiasan - perhiasan yang kita miliki? Inilah yang kemudian akan saya bahas pada tulisan ini, yaitu peranan tai.

Seperti kita tahu, bahwa manusia (sebenarnya semua mahluk hidup) dapat bertahan hidup dengan cara makan dan minum. Dalam hal ini, apa yang dimakan manusia? Tentu saja manusia memakan baik hewan maupun tumbuhan. Perhatikan gambar berikut!
Pada gambar di atas, hewan pemakan daging (karnivora) memakan hewan lain & manusia, manusia memakan hewan & tumbuhan, dan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) memakan tumbuhan. Lalu bagaimana dengan tumbuhan? Apa yang dimakan oleh tumbuhan? Bagaimana tumbuhan bisa bertahan hidup?

Di sinilah tai menunjukkan perannya. Bayangkan saja, jika tumbuhan diciptakan sebagai produsen, dan dimakan oleh konsumen (hewan & manusia), namun tidak tumbuh dan berkembang, maka pelan tapi pasti mahluk hidup akan punah keseluruhannya. Namun ketika para konsumen tersebut mengeluarkan apa yang mereka makan sebagai tai, maka tai inilah yang kemudian menjadi pupuk bagi tumbuhan. Menjadi asupan bagi tumbuhan, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang. Sehingga semua mahluk hidup dapat bertahan hidup hingga sekarang.

Sungguh aneh rasanya saat kita tahu bahwa selama ini kita berhutang banyak pada tai. Namun memang itulah faktanya. Tailah yang menyambung antara akhir dan awal. Tailah yang memegang peran (sebagai mahluk) paling penting dalam kehidupan. Maka janganlah kita menganggap tai sebagai sesuatu yang hina. Sebaliknya, jadikan tai sebagai inspirasi, bahwa jika kita menjadi orang yang baik maka pastilah ada orang yang menganggap kita buruk. Seperti tai yang dianggap buruk, namun memiliki peranan yang penting dalam kehidupan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya paparkan kali ini. Terima kasih.

Lihat Gombalan Tai & Puisi tentang Tai

0 Response to "Peranan Tai dalam Kehidupan"

Posting Komentar

Fans Page