Membuat Shutdown Timer Tanpa Install Software

Terkadang kita suka nonton film atau mendengarkan musik di malam hari. Namun jika kita ketiduran, PC kita akan terus menyala sepanjang malam, padahal PC kita juga perlu istirahat. Pada saat itulah kita kepikiran, "Andai saja waktu untuk shutdown bisa diatur". Dan di sini, kita akan belajar untuk mengatur waktu shutdown.

Kita bisa mengatur waktu shutdown dengan cara membuat shutdown timer. Sesuai judul, kita akan Membuat Shutdown Timer Tanpa Install Software apapun. Mengapa? Karena kita akan memaksimalkan fitur - fitur yang ada pada windows. Berikut cara - caranya :

1. Menggunakan Run...
    
    Pertama, kita jalankan "Run..." dengan cara memencet tombol windows + R. Atau kita bisa akses "Run..." melalui Start - Run...


    Selanjutnya, pada jendela run kita ketikkan "Shutdown.exe -s -f -t" tanpa tanda kutip. Setelah -t kita ketikkan waktu yang diperlukan PC untuk shutdown (dalam detik). Misalnya kita akan membuat timer untuk 30 menit, maka kita mengetikkan "Shutdown.exe -s -f -t 1800". Karena 30 menit = 1800 detik. lihat gambar di bawah ini.



Terakhir, tekan "OK" dan selesai.....

*Mengapa kita harus menuliskan waktu dalam detik? Kalian bisa menanyakannya pada anak IPA :D


2. Membuat Shortcut

    Pertama, klik kanan pada layar desktop. Pilih New - Shortcut. Akan muncul jendela baru dengan nama "Create Shortcut".


    Pada jendela "Create Shortcut", kita ketikkan "Shutdown.exe -s -f -t" tanpa tanda kutip. Setelah -t kita ketikkan waktu yang diperlukan PC untuk shutdown (dalam detik). Misalnya kita akan membuat timer untuk 30 menit, maka kita mengetikkan "Shutdown.exe -s -f -t 1800". Karena 30 menit = 1800 detik. lihat gambar di bawah ini.


    Jika sudah, kita pilih "Next >" dan akan muncul jendela baru lagi untuk memberi nama pada shortcut yang kita buat. Di sini saya menamainya dengan "Shutdown".


    Selanjutnya kita tekan "Finish". Shortcut telah muncul di desktop dan siap digunakan. Namun, masih ada langkah - langkah yang boleh digunakan atau tidak, yaitu mengganti icon shortcut.

    Untuk mengganti icon shortcut, klik kanan pada shortcut, lalu pilih properties.



    Akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut kita pilih "Change Icon"


    Akan ada jendela baru lagi. pada jendela tersebut kita bisa memilih icon untuk shortcut kita.


    Terakhir, klik OK - OK. Selesai....

0 Response to "Membuat Shutdown Timer Tanpa Install Software"

Posting Komentar

Fans Page